Menentukan judul TPS & upload ke web ini
Dibuat Pada : 04-06-2021

Topik semester ini adalah ‘eCommerce’:

Tentukan judul TPS anda sesuai karakteristik barang yang akan dijual dan diproduksi sendiri dengan kebutuhan stake holder sbb;



Mempelajari studi kasus perkembangan eCommerce untuk dibuat rancangannya dengan mengacu kebutuhan stakeholder (pemangku kepentingan). Praktikum ini dirancang dengan menerapkan Scrum dalam setiap langkahnya. Total ada 4 milestone yang akan dilakukan selama 4 kali praktikum dan dievaluasi secara langsung oleh pembimbing sekaligus sebagai stakeholder. Adapun ringkasan kebutuhan minimal stackholder adalah sebagai berikut; Pemilik berkeinginan menjual produk berupa 20 jenis barang dan 5 jenis jasa. 6 barang dari supplier A, dan 4 barang dari supplier B. Sisanya diproduksi sendiri. Barang dari supplier selalu dikirim setiap hari pada pk.17.00 sesuai rekap order pembelian dari customer dan proses pembayaranya ke supplier dilakukan setiap hari Senin pagi. Proses pengepakan dilakukan mulai pk.17.00 sd pk.21 dan kadang-kadang harus lembur. Pagi hari akan diambil oleh beberapa jasa kurir online yang bekerjasama. Semua proses dengan supplier dilakukan secara otomatis. Penjualan secara online harus mudah dilakukan oleh pengunjung, mulai proses pemesanan, pembayaran, pengiriman, dan penggantian, pembatalan. Namun semua transaksi tersebut harus aman dan tervalidasi otomatis baik melalui email dan OTP (One Time Password) melalui hp. Semua pembayaran dilakukan validasi secara online dan realtime secara otomatis. Program bisa dijalankan lewat internet maupun hp. Khusus supplier dan pelanggan rutin diwajibkan menggunakan aplikasi berbasis android. Untuk meningkatkan penjualan perlu dibentuk agen-agen penjualan dengan sistem harga dan komisi tertentu yang menarik dan kompetitif. Sebagai agen hanya cukup menjalankan aplikasi ini dari Android atau IoS sehingga memudahkan semua kebutuhan informasi yang terkait. Pelanggan dengan history transaksi prospektif akan dikategorikan menjadi pelanggan loyal, pelanggan prospektif, pelanggan adhoc, pelanggan non aktif. Pelanggan akan dikelola dengan konsep CRM (Customer Relationship Management) agar lebih satisfaction. Keluhan pelanggan dan segala pertanyaanya akan dijawab dengan system berbasis chatbot dan apabila chatbot nggak bisa menjawab barulah operator customer servis yang akan menjawab lewat chating baik melalui WA atau Telegram. Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya Petunjuk Tugas Perancangan Sistem Perangkat Lunak Lab. RPL. @2020.4 by SGK Halaman 2 dari 12 Pihak manajemen membutuhkan prediksi stok mingguan dan bulanan. Disamping itu juga perlu analisis penjualan, analisis margin, dan cash flow. Analisis pasar juga diperlukan untuk menghadapi persaingan. Pemilik juga menginginkan dashboard untuk memonitornya.

Lampiran File
Unduh Lampiran File Pengumuman : Unduh